Jumat, 10 Juli 2015

ADA 10 HAL PENTING DALAM MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI



Mengelola keuangan pribadi memerlukan pengetahuan agar tidak salah dalam mengalokasikan pendapatan atau income yang diterima. Ada hal penting yang seharusnya dilakukan setiap orang untuk mengelola penghasilan, berupa gaji, upah ataupun income yang diterimanya secara berkala. Akibat kesalahan dalam mengelola keuangan menyebabkan "Besar Pasak Daripada Tiang" sehingga menjadi beban karena gali tutup lubang dengan cara berhutang.

Ada 10 Kunci Sukses Mengelola Keuangan Sejak Muda :

1. Alokasikan 10 persen untuk zakat dan sedekah, sebisa mungkin mengalokasikan penghasilan yang diterima untuk mereka yang membutuhkan berupa zakat ataupun sedekah. Mengeluarkan zakat dan sedekah sesuai dengan ajaran agama Islam karena ada sebagian rejeki yang kita terima adalah menjadi hak orang lain. Zakat dan sedekah bukannya mengurangi harta tetapi justru meningkatkan harta yang kita miliki.

2. Alokasikan minimal 10 persen untuk menabung / saving, hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan dana mendadak suatu saat.

3. Alokasikan minimal 10 persen untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan dan pengembangan diri seperti, beli buku, ikut seminar, dan lain-lain. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan perlulah kita belajar dengan berbagai cara, alokasikan pula anggaran biaya untuk hal tersebut.

4. Alokasinya minimal 10 persen untuk membahagiakan diri dan keluarga. Misalnya traveling atau makan di luar. Apalah artinya memiliki uang banyak kalau kita tak bisa membahagiakan diri sendiri juga keluarga yang kita sayangi.

5. Alokasikan sisanya untuk kebutuhan hidup
, gunakan secara bijak dan hemat.

6. Membeli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

7. Catat pemasukan dan pengeluaran harian.
 
8. Buka peluang rejeki lainnya, hal ini untuk jadi sumber income atau sebagai penghasilan tambahan

9. Hindari hutang konsumtif. Seperti kartu kredit, leasing, dll.
 
10. Jauhi riba. Suburkan sedekah.

Semoga kita bisa bijak dalam mengelola keuangan, sebab kaya atau miskin bukanlah kondisi, tapi mentalitas dan gaya hidup yang kita jalani.




INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN & DATSUN
Info All type NISSAN - Silahkan KLIK disini...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar